Pelatihan Menulis. (foto: ist/palontaraq)
Pelatihan Menulis. (foto: ist/palontaraq)

 

Oleh: Etta Adil

Tulisan sebelumnya: Tips Ngeblog ala Etta Adil

PALONTARAQ.ID – Hi, Sahabat Palontaraq sekalian ….

Adakah diantara kamu yang bercita-cita menjadi Penulis atau Blogger handal?

Menulis itu sebenarnya mudah asal kita tahu caranya membiasakan diri menulis dan tidak asal tulis aja.

Kalau asal tulis memang mudah, dan semua orang dapat melakukannya tanpa ilmu, tapi belum tentu berkualitas dan enak dibaca. Betul tidak?

Bagi kamu yang sudah punya blog (web blog) seperti media ini, tentu ada satu kegiatan yang harus dan paling rutin dikerjakan untuk mengisi blog kamu.

Nah, Menulis itu, atau lazim disebut ngeblog atau blogging adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan untuk memperbarui konten blog.

Lihat pula: Berpikir bebas, Menulis lepas

Pemberian Plakat Pemateri Pelatihan Menulis. (foto: ist/palontaraq)
Pemberian Plakat Pemateri Pelatihan Menulis. (foto: ist/palontaraq)

Sahabat Palontaraq sekalian ….

Menulis setiap hari itu wajib dilakukan agar blog senantiasa eksis, ngetrend, trafik naik dan yang pasti agar selalu up to date.

Blog yang jarang diupdate lama-lama akan ditinggalkan oleh pembaca setianya karena blognya udah basi gara-gara konten yang itu-itu aja.

Berikut ini Tips seputar Hal-hal teknis yang diterapkan sebelum atau pada saat menulis agar tulisan kamu menjadi nyaman dibaca, berkualitas dan tentunya bermanfaat bagi pembaca.

Cari Sumber Inspirasi atau Ide

Sebelum mulai menulis, harus sudah memiliki ide untuk hal yang akan ditulis. Setelah itu, carilah sumber informasi untuk ide.

Semakin banyak variasi kata, diksi, dan bahan tulisan, maka itu akan lebih baik agar pembaca lebih menikmati tulisanmu.

Bisa juga melakukan mirroring sumber dengan tulisan berdasarkan pemikiran sendiri.

Kalaupun harus mengutip tulisan orang lain silakan dicantumkan sumbernya. Untuk mencari sebuah sumber ide dan mirroring, bisa menemukannya di artikel direktori atau blog lainnya.

Di Redaksi Harian Tribun Timur, Makassar. (foto: ist/palontaraq)
Di Redaksi Harian Tribun Timur, Makassar. (foto: ist/palontaraq)

Segera Tulis Apa Yang Dipikirkan

Ketika menulis, tuangkan imajinasi dan apa saja yang ada pikiranmu. Tulis apa yang kamu pikirkan.

Intinya pada saat menulis, kreatiflah mengulas sesuatu itu sesuai ide awal. Jika tulisanmu jenis fiksi, puisi atau cerpen, silakan berimajinasi seluas mungkin sesuai dengan tema tulisan atau cerita.

Nah, gaes ……

Apa yang muncul di benak saat menulis, segeralah tuliskan dalam bentuk draft yang kemudian bisa diedit, diperbaiki struktur dan susunan kosakatanya. Hal ini perlu dilakukan agar tidak kehilangan apa yang telah dipikirkan sebelumnya.

Edit Hasil Tulisan 

Setelah menyelesaikan tulisan, silakan edit kalimat yang masih kurang sempurna seperti ejaannya, susunan kata dan link tulisan yang disertakan.

Lihat pula: Saya Menulis, maka Saya (masih) Ada!

Pelatihan Menulis dan Membaca Karya Fiksi. (foto: ist/palontaraq)
Pelatihan Menulis dan Membaca Karya Fiksi. (foto: ist/palontaraq)

Finishing Hasil Tulisan 

Baca keseluruhan hasil tulisan dan posisikan diri sebagai orang lain dalam membaca. Hal ini untuk menilai hasil tulisan dan pengeditan yang telah dilakukan, terutama pada inti pokok bahasan.

Perhatikan kembali, susunan pembahasan apakah sesuai dengan alurnya atau tidak. Hindari penuturan yang melompat-lompat, tidak beraturan, membingungkan dan tidak nyaman untuk dibaca.

Yang penting dalam finishing hasil akhir dan penyempurnaan adalah maksud yang Anda sampaikan dalam tulisan tersebut jelas, ringan, sederhana, padat dan terarah.

Terapkan hal teknis ini pada setiap kali menulis baik itu untuk blog maupun eBook,  yang diperlukan selanjutnya adalah pembiasaan menulis dan latihan terus menerus sampai mahir Menulis.

Alhasil, pada akhirnya waktu jualah yang menentukan, apakah kita termasuk seorang yang tekun menulis. Karena kunci hebat menulis adalah: writing, writing, and keep on writing!

Mulailah membiasakan diri, setiap hari menulis! Tiada hari tanpa Menulis!

 

Bersambung ……

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here