Tips Merawat Buku
Tips Merawat Buku

Oleh: Kak Farid

PALONTARAQ.ID – Hi, Sahabat Pustaka, apakah teman-teman dan adik-adik senang membeli buku, mengoleksi buku cerita, ensiklopedia, komik, cerpen, novel, atau buku lainnya lalu menyimpannya karena suatu saat ingin membacanya lagi?

Nah, sayang sekali kan, jika buku yang teman-teman dan adik-adik punya dibiarkan begitu saja tanpa merawatnya.

Buku yang tak terawat bisa saja rusak, dimakan rayap, berdebu, kertasnya menguning, bahkan halaman bukunya terlepas.

Untuk itu, buku-buku yang kita punya perlu dirawat dengan baik agar tidak rusak ketika kita ingin membacanya kembali. Buku juga bisa menjadi warisan pengetahuan bagi adik atau anak di waktu mendatang.

Nah, gaes ….

Bagaimana caranya merawat buku? Berikut ini tipsnya:

1. Menyampul Buku

Buku yang baru dibeli diberi sampul plastik yang kedap udara. Kalau bisa sampul plastiknya yang agak tebal agar tidak mudah robek.

Periksa buku kamu secara berkala, jika beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian sampul plastik tadi sudah rapuh dan rusak, kamu bisa menggantinya dengan sampul yang baru.

2. Gunakan Pembatas Buku

Ada saatnya kita tidak bisa selesai membaca buku sekalgus dalam sekali baca. Biasanya kita memberi tanda di halaman terakhir yang dibaca dengan cara melipat ujungnya. Nah, jika kita lipat, buku bisa rusak.

Oleh karena itu, gunakanlah pembatas buku yang tipis untuk menandai halaman. Jangan menggunakan benda-benda tebal juga seperti pulpen, ponsel, atau benda tebal lainnya karena itu dapat merusak jilid bukunya.

3. Memberi Coretan di Sticky Note

Mencoret buku juga sebaiknya tidak dilakukan. Kalaupun kamu ingin membuat catatan, ataupun menandai kutipan menarik pada bacaan, kamu bisa menulisnya di sticky note dan menempelkannya pada halaman.

Gunakan sticky note yang kualitasnya baik, agar tidak merusak halaman buku apabila suatu saat ingin kita lepas.

4. Jangan Membaca Sambil Makan atau Minum

Sebagian orang sering membaca sambil makan dan minum dengan kondisi tangan yang basah dan masih kotor bekas remahan makanan. Hal ini dapat meninggalkan noda dan membuat buku menjadi kotor. Tidak hanya itu, kualitas kertasnya pun bisa rusak, bahkan dapat membuatnya robek.

5. Memberi Kamper di Rak Buku

Jika kita menyimpan dan menyusun buku-buku yang kita punya dalam sebuah rak, jangan lupa ya untuk menaruh kamper atau kapur barus di beberapa sudut rak. Ini berguna untuk menjauhkan buku-buku kita dari serangan rayap atau serangga pengganggu lainnya.

Jika rak tersebut kita tempatkan di ruangan yang cukup lembab, kita bisa menaruh bulir penyerap air (silica gel) atau serap air (water absorber) untuk mengurangi kelembapan yang dapat merusak buku dan menimbulkan aroma yang tidak sedap atau apek.

Demikian tips dari Kakak. Semoga bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here