Desain Buku Antologi Puisi. (foto: ist/palontaraq)
Desain Buku Antologi Puisi. (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Etta Adil

Hi, sahabat palontaraq!

Sudah tahu apa itu antologi? Sering mendengar istilah ini kalau membaca karya fiksi, puisi atau cerita pendek? Nah, kali ini kita akan membahasnya.

ANTOLOGI merupakan  kumpulan karya tulis pilihan dari seorang atau beberapa orang pengarang, dapat berupa puisi (Antologi Puisi) atau cerpen (Antologi Cerpen).

Jadi, Antologi Puisi atau Antologi Cerpen dapat berasal dari karya pribadi maupun beberapa orang. Beberapa tulisan yang berseliweran di sana-sini dapat dihimpun dan disatukan kembali  sehingga terdokumentasi dengan baik dalam bentuk buku.

Baca juga: Tips Menulis Cerita Pendek

Bagaimana menulis dan menerbitkan karya Antologi Puisi atau Cerpen?  Tiga langkah yang harus dilakukan, yaitu menemukan karya terbaik, mencari penulis (endorsement), dan menerbitkannya (published).

Berikut uraiannya:

Langkah  1: Menemukan Karya Terbaik

Lakukan penelusuran karya puisi atau cerpen yang bisa disatukan untuk dijadikan Antologi. Semua karya yang dikumpulkan adalah karya pilihan atau yang bertema sama.

Semua karya itu dihasilkan dengan kerja keras, namun temukan satu atau dua karya yang teramat istimewa, dan itulah yang kemudian menjadi dasar pertimbangan menjadikannya judul antologi puisi atau cerpen itu, yang dapat dianggap sebagai representasi dari keseluruhan puisi atau cerpen yang telah dikumpulkan.

Sebuah judul buku juga dipilih atas dasar pertimbangan keterwakilan konten atau keseluruhan puisi yang dikumpulkan, selain judul dipilih karena pertimbangan pemasaran, bahwa suatu judul akan memancing pembaca buku itu terpikat untuk membelinya.

Lihat juga: Buku adalah Award bagi Penulisnya

Langkah 2: Mencari Testimoni Penulis (Endorsement)

Langkah kedua, carilah penulis, penyair atau cerpenis yang sudah mempunyai “nama”, yang namanya bisa menjadi “iklan” (endorsement) ketika memberikan pendapat atau testimoninya dalam naskah buku.
Tunjukkan kelebihan-kelebihan sehingga beliau berkenan memberikan komentar positif.

Langkah 3: Menerbitkan Buku Antologi

Jika naskah sudah terkumpul, sudah diberi judul, dan juga sudah dikomentari endorsement, testimoni penulis yang sudah “punya nama”, sebaiknya segera  bergerilya dengan mendatangi atau memamerkan naskah itu kepada penerbit.

Lihat juga: Tips Praktis Menulis Artikel

Demikianlah tiga langkah praktis dalam menerbitkan karya buku Antologi Puisi atau Antologi Cerpen.

Selamat Mencoba! (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini