Oleh: Kak Farid

PALONTARAQ.ID – Hi, Sobat muda sekalian …. Semoga tetap betah berkunjung ke Rumah Baca Palontaraq ini.

Kenal dan akrab kan, yang namanya Piagam, Sertifikat, atau Sertifikasi? Tentunya tahu semua, hanya saja banyak yang belum tahu perbedaan ketiganya.

Jika sering mengikuti seminar atau pelatihan, pasti banyak memiliki sertifikat atau piagam, entah sebagai peserta atau pembicara. Tapi, tahu tidak mau sertifikat dan piagam itu dua hal yang berbeda, khususnya peruntukannya?

Contoh Piagam. (foto: ist/palontaraq)
Contoh Piagam. (foto: ist/palontaraq)
Contoh Sertifikat. (foto: ist/palontaraq)
Contoh Sertifikat. (foto: ist/palontaraq)

Nah, sobat muda sekalian ….

Bagi seorang yang terpelajar, tentunya sudah umum diakrabi apa yang disebut Piagam dan Sertifikat, dan bagi mereka yang mengejar keahlian tertentu untuk profesi yang diminatinya maka sudah umum pula dikenal yang namanya Sertifikasi.

Piagam dan Sertifikat sering kita jumpai dalam kehidupan pendidikan dan pelatihan kita, kedua ‘kertas berharga’ ini sering disamakan padahal berbeda.

Tapi, meski hanya berbentuk selembar kertas, kedua dokumen ini sangat berharga dan bahkan mempengaruhi pendidikan, karir, dan penilaian pekerjaan seseorang.

Contoh-contoh Sertifikat Seminar. (foto: ist/palontaraq)
Contoh-contoh Sertifikat Seminar. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: Ini Daftar Softskill yang Paling dibutuhkan Profesional di Tahun 2020

Nah, sobat muda sekalian ….

Untuk memahami perbedaan Piagam dan Sertifikat, mari kita buka terlebih dahulu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI, Piagam adalah surat baik itu yang tertulis pada media batu, tembaga dan sebagainya yang sifatnya resmi yang isinya adalah pernyataan PEMBERIAN hak, tanah dan sebagainya.

Piagam juga bisa berisi pernyataan serta peneguhan seperti ikrar dan sebagainya. KBBI juga mengartikan Piagam sebagai Diploma atau Ijazah, kadang disebut pula Tanda Penghargaan, Cendera Mata atau Cendera Kasih.

Contoh Penyebutan "Cendera Kasih" sebagai Tanda Penghargaan atau Piagam. (foto: ist/palontaraq)
Contoh Penyebutan “Cendera Kasih” sebagai Tanda Penghargaan atau Piagam. (foto: ist/palontaraq)

Lain Piagam lain Sertifikat. Menurut KBBI, Sertifikat adalah surat keterangan yang tercetak/tertulis yang berasal dari pihak yang berwewenang dan bisa dipergunakan sebagai bukti kepemilikan atau juga bukti atas suatu kejadian.

Jadi, keduanya merupakan dokumen pernyataan, namun Sertifikat adalah pernyataan BUKTI kepemilikan atau keikutsertaan sementara piagam lebih ke pernyataan pemberian penghargaan, pemberian hak, ikrar (Misalnya: Piagam Madinah, Piagam Jakarta, dan lain sebagainya), atau pemberian gelar (Misalnya: Ijazah).

Dalam prakteknya, banyak yang tidak memahami tujuan penggunaan kedua dokumen ini berdasarkan apa yang dimaksudkan dalam KBBI. Oleh sebab itu, wajar pula jika banyak yang salah menafsirkan antara Piagam dan Sertifikat.

Umumnya Sertifikat dan Piagam berbentuk lembar surat yang didesain dan dicetak dalam struktur dan keterangan tertentu.

Lihat pula: Kemana Harus Kuliah setelah SMA?

Nah, sobat muda sekalian …..

Bentuk keduanya mungkin terlihat serupa, namun mereka memiliki pengertian yang berbeda. Meskipun kedua dokumen ini mengandung informasi yang serupa, mereka memiliki tujuan yang berbeda.

Artinya, Piagam digunakan untuk memberi penghargaan atas sesuatu, sementara Sertifikat digunakan sebagai bukti kepemilikan. Sebagai bukti kepemilikan tertulis yang lebih resmi, Sertifikat digunakan pula pada sertifikat tanah, rumah, kelahiran, dan sebagainya.

Hal inilah yang membedakannya dari Piagam, yang biasanya hanya digunakan secara terbatas pada penghargaan, dimana penghargaan tersebut diberikan kepada seseorang atau pihak dari lembaga yang membuat dan mengesahkannya.

Misalnya lagi, Ketika melamar pekerjaan biasa kita memerlukan Sertifikat untuk melampirkannya, baik sertifikat pelatihan maupun kelulusan. Jika memiliki piagam penghargaan, kita dapat menambahkannya supaya memiliki nilai lebih.

Lihat pula: 10 Universitas Top di Sulawesi Selatan

Lain Sertifikat, yang dalam Bahasa Inggris ditulis Certificate, lain pula Sertifikasi, yang dalam Bahasa Inggris ditulis Certified. Berikut ini perbedaan keduanya:

Sertifikat (Certificate):
– Didapatkan karena menghadiri seminar, training, workshop tertentu, atau menyelesaikan kursus yang spesifik.
– Diberikan oleh Institusi Pendidikan atau Commercial Entity.
– Standar yang diterapkan yaitu berdasarkan kehadiran atau partisipasi dari Peserta.
– Berlaku seumur hidup.

Sertifikasi (Certified):
– Didapatkan ketika lulus ujian sesuai dengan keahlian tertentu.
– Diberikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang ditunjuk oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)
– Standar berdasarkan Soal-soal Ujian yang sistematis sesuai dengan tingkat keahlian/kompetensi tertentu.
– Berlaku selama tiga tahun.

Jika sobat muda sekalian mendapati seseorang yang dibelakang namanya memakai gelar Certified (diawali huruf C, misalnya: C.Ht atau Certified of Hypnotherapist) maka gelar tersebut dapat dikatakan gelar sertifikasi.

Lihat pula: Welin Kusuma dan 29 gelarnya

Demikian pengertian Piagam, Sertifikat dan Sertifikasi dan perbedaan satu sama lainnya. Semoga bermanfaat adanya. (*)

Tentang Penulis:
Kak Farid bernama lengkap Muhammad Farid Wajdi, terkadang menambahkan pula nama rumpun keluarga di belakang namanya menjadi M. Farid W Makkulau. Selengkapnya tentang Penulis dapat dilihat DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here