Laporan: Etta Adil

Tulisan sebelumnya: Persyaratan dan Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2019

PALONTARAQ.ID – Terkait adanya selentingan informasi yang beredar di kalangan mahasiswa baru dan orangtua calon mahasiswa baru bahwa untuk seseorang bisa dibantu lulus di Universitas Hasanuddin (UNHAS) lewat ‘jalur tidak biasa’.

Sehubungan dengan hal tersebut dan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Direktur Komunikasi UNHAS, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D.,HSE mengeluarkan surat edaran yang intinya agar siapa saja tidak mempercayai iming-iming bisa dibantu lulus UNHAS.

Lihat pula: 10 Universitas Top di Sulawesi Selatan

Berikut ini surat edarannya:

Sehubungan dengan proses penerimaan Mahasiswa Baru (MABA) Tahun Akademik 2019/2020 Jalur Mandiri, dan untuk merespon informasi yang beredar di masyarakat, perlu disampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin Tahun Akademik 2019/2020 melalui Jalur Mandiri terdiri atas: Jalur Ketua OSIS, Jalur Kelas Internasional, Jalur POSK (Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan) dan JNS (Jalur Non-Subsidi).

2. Proses penerimaan melalui Jalur Mandiri mempunyai mekanisme dan prosedur yang berbeda dengan jalur sebelumnya (SNMPTN dan SBMPTN). Jalur Mandiri yang saat ini sementara dalam proses adalah Jalur POSK (Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan) dan JNS (Jalur Non-Subsidi).

3. Universitas Hasanuddin secara kelembagaan tidak memiliki afiliasi, kerja sama, atau hubungan kerja apapun dengan lembaga, organisasi, perhimpunan, atau person dalam penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru.

4. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai jika ada pihak-pihak (baik perorangan maupun organisasi/lembaga) yang mengklaim dapat membantu kelulusan melalui jalur POSK dan atau JNS.

5. Semua pembayaran berupa Dana Pengembangan dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dibayarkan setelah dinyatakan lulus, melalui setoran langsung ke rekening universitas.

Demikianlah penyampaian kami untuk diketahui oleh publik.

Makassar, 15 Juli 2019

Ir. Suharman Hamzah, Ph.D., HSE
Direktur Komunikasi Universitas Hasanuddin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here