Kelas darurat
Kelas darurat

Oleh: Kak Farid

BELAJAR di luar ruangan kelas merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya di dalam kelas. Pembelajaran tak perlu melulu dilakukan di dalam kelas, tetapi bisa dilaksanakan di luar kelas, seperti di tempat-tempat terbuka tempat manusia bisa saling berinteraksi.

Konsep belajar di luar sekolah telah diperluas menjadi belajar dari luar sekolah. Sekitar 40 santriwati diboyong belajar jauh dari sekolahnya di Tonasa Park, Balocci. “Sengaja, kami mengajak para siswa untuk belajar di luar sekolah agar mereka tidak jenuh, dan dapat melihat banyak hal di luar kelas, tapi masih terkait dengan pelajaran sekolah.” kata Muhammad Farid Wajdi, Guru SKI Ponpes Putri IMMIM Pangkep.

Kegiatan seperti ini dirasakan betul manfaatnya, karena selain dapat mengubah persepsi pembelajaran, kunjungan ini sekaligus membuka wawasan siswanya. Mengajak siswa belajar di luar kelas dapat memberi pengaruh positif, dapat menambah wawasan, bahkan dapat langsung diaplikasikan di lapangan.

Ini memacu siswa agar lebih aktif lagi berkomunikasi langsung dengan dunia luar dan memiliki pengalaman sosial yang menarik. Para pelajar harus melihat sendiri, inilah keadaan paling kini. Semua harus bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Belajar di luar sekolah juga lebih membuka pandangan para siswa sehingga pengetahuan di luar kurikulum pun dapat diterima lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here