Shalat Idul Fitri. (foto: ist/palontaraq)
Shalat Idul Fitri. (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Etta Adil

Tulisan terkait: Mengapa Mesti Belajar Sejarah Kebudayaan Islam?

PALONTARAQ.ID – Hi, Sahabat Palontaraq sekalian …..

Adakah disini yang pernah belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)?

Pernahkah Sahabat dan teman sekalian berpikir, bagaimana Islam bisa sampai dan menyebar ke seluruh penjuru dunia seperti sekarang ini?

Bagaimana dahulu Nabi Muhammad SAW berjuang agar Tauhid yang dibawanya bisa diterima oleh Masyarakat Makkah?

Bagaimana penentangan masyarakat jahiliyah Makkah terhadap risalah kenabian yang diemban Muhammad SAW? Bagaimana proses hijrahnya Nabi SAW?

Lihat pula:

Materi Pelajaran SKI Kelas X Kurikulum 2013 

Materi Pelajaran SKI Kelas XI Kurikulum 2013

Materi Pembelajaran SKI Kelas 12 SMA Kurikulum 2013

Bagaimana Nabi SAW mempersaudarakan masyarakat Muhajirin Makkah dan masyarakat Anshar Madinah? Bagaimana Nabi SAW membangun konsepsi Masyarakat Madani?

Bagaimana kondisi Pemerintahan Islam dan masyarakatnya setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW? Siapa sajakah yang ikut andil dalam penyebarluasan Agama Islam ke seluruh dunia dan bagaimanakah cara-cara yang ditempuhnya?

Bagaimana Pemerintahan dan Masyarakat Islam di masa Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin? Bagaimana Pemerintahan dan Masyarakat Islam di masa Daulah Bani Umayyah? Bagaimana Pemerintahan dan Masyarakat Islam di masa Daulah Bani Abbasiyah?

Bagaimana perkembangan dakwah dan wilayah kekuasaan Islam? Bagaimana corak masyarakat dan kebudayaan masyarakat Islam dari masa ke masa, terkait Peradaban gemilang dibawah bendera Khilafah Islamiyah?

Bagaimana kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan di masa Pemerintahan Khilafah Islam? dan seterusnya, dan seterusnya.

Masjid Amirul Mukminin. (foto: ist/palontaraq)
Masjid Amirul Mukminin. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: Kilas Balik Kekuasaan Islam di Eropa

Semua pertanyaan tersebut dapat ditemukan jawabannya jika kita mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam.

Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu disiplin ilmu yang diajarkan di Indonesia, khususnya di Pesantren, Madrasah-madrasah dan Perguruan Tinggi Islam.

Dalam mata pelajaran atau mata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam disajikan berbagai kisah-kisah masa lalu tentang bagaimana Islam, masyarakat, peradaban, dan kebudayaannya sejak zaman Nabi Muhammad SAW, khulafaur rasyidin, dinasti-dinasti yang berkuasa setelah khulafaur rasyidin,sampai zaman modern.

Dengan mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam, banyak manfaat dan hikmah yang dapat kita peroleh.

Yaitu: Pertama, dengan mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam, kita dapat mengambil hikmah dari Kejadian-kejadian yang terjadi di masa lalu yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Dengan mengetahui sejarah Islam, seperti bagaimana Nabi Muhammad SAW, Khulafaur Rasyidin, Pemimpin dan Tokoh-tokoh muslim setelahnya berjuang dalam menyebarkan dan mempertahankan Ajaran Islam hingga sampai pada kita saat ini.

Ilustrated by: ist/palontaraq
Ilustrated by: ist/palontaraq

Nah, Sahabat Palontaraq sekalian …..

Tentunya kita akan lebih menghargai perjuangan mereka dalam mendakwahkan Islam, sehingga kita akan senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Begitu pula jihad dan pembelaan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan bagi mereka, para penyebar Islam, para ulama pewaris nabi, Warasatul anbiya.

Lihat pula: Perkembangan Islam pada Masa Daulah Dinasti Abbasiyah

Kedua, kita dapat mengambil pelajaran dari sejarah sebagai pertimbangan ketika hendak mengambil keputusan untuk suatu hal. Tidak jarang Hal-hal yang terjadi di masa lalu kembali terjadi di masa sekarang.

Ka'bah, Makkah al-Mukarramah. (foto: ist/palontaraq)
Ka’bah, Makkah al-Mukarramah. (foto: ist/palontaraq)

Nah, gaes …..

Dengan mengetahui apa yang terjadi di masa lalu, kita dapat mengambil sebuah pelajaran dan pembelajaran terkait apa yang sebenarnya terjadi di masa sekarang dengan tepat.

Misalnya, jika terjadi sesuatu persoalan yang sama atau hampir sama di masa sekarang dan di masa lalu, kemudian di masa lalu persoalan tersebut ternyata diselesaikan dengan cara yang tepat dan berdampak positif, maka di masa sekarang mungkin bisa menggunakan cara penyelesaian tersebut agar berakhir dengan baik pula.

Dan sebaliknya, jika di masa lalu ternyata cara penyelesaiannya kurang tepat dan berdampak negatif, maka di masa sekarang cara tersebut dapat dihindari agar persoalan tidak berakhir dengan buruk jua.

Dengan ini, kekeliruan yang terjadi di masa lalu juga dapat di antisipasi agar tidak terjadi di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Ilustrated by: mfaridwm/palontaraq
Ilustrated by: mfaridwm/palontaraq

Lihat pula: Metode, Waktu, dan Referensi Pembelajaran SKI: Sejarah Daulah Bani Umayyah

Sahabat Palontaraq sekalian …..

Ketiga, dengan mempelajari SKI, kita dapat memahami dan meneladani Kisah-kisah yang baik pada zaman dahulu. Ada banyak kisah dari zaman dahulu yang patut kita pahami dan teladani.

Misalnya saja, kisah bagaimana indahnya akhlak Nabi Muhammad SAW, betapa mulianya sifat yang beliau miliki, bagaimana kepemimpinannya dan bagaimana besarnya perjuangan yang beliau lakukan.

Begitupula kisah tentang ketaatan dan kepatuhan para sahabat kepada Allah dan Rasul-Nya, kesetiaan mereka pada Rasulullah SAW, serta besarnya pengorbanan mereka dalam memperjuangkan Islam.

Pun kisah tentang Orang-orang yang ada dibalik kesuksesan penyebaran Islam hingga ke seluruh dunia, dan masih banyak kisah-kisah dakwah dan jihad lainnya.

Ilustrated by: ist/palontaraq
Ilustrated by: ist/palontaraq

Sahabat Palontaraq sekalian …..

Keempat, dengan mempelajari SKI, akan menumbuhkan rasa cinta kepada Peradaban dan Kebudayaan Islam yang merupakan buah karya kegemilangan kaum muslimin di masa lalu.

Kaum muslimin di masa lalu, selain meninggalkann kisah-kisah berharga yang dapat kita teladani, juga meninggalkan banyak hasil kebudayaan dari masanya.

Lihat pula: Daulah Bani Umayyah menjelang Keruntuhannya

Nah, gaes¬† …..

Ketika kita mengetahui sejarah tentang suatu kebudayaan yang dihasilkan oleh kaum muslimin di masa lalu dengan segala tantangan dan kesulitannya, kita akan lebih mencintai dan menghargai hasil kebudayaan tersebut.

Jika rasa cinta kepada kebudayaan Islam ini sudah tumbuh, maka otomatis, kita akan senantiasa ikut berpartisipasi dalam menjaga Peninggalan-peninggalan kebudayaan tersebut dengan cara mempelajari dan mengambil manfaat dari keberadaannya.

ilustrated by: mfaridwm/palontaraq
ilustrated by: mfaridwm/palontaraq

Lihat pula: Sejarah Perang Mu’tah

Sahabat Palontaraq sekalian ……

Kelima, memahami berbagai hasil pemikiran dan hasil karya para ulama untuk diteladani dalam kehidupan sehari hari.

Terdapat banyak karya para ulama terdahulu yang masih bertahan hingga sekarang, seperti kitab-kitab tafsir, hadits, fiqih, filsafat, sejarah Islam dan sebagainya.

Jika kita mau mempelajari hasil pemikiran dan karya tersebut, kita akan mendapat banyak pengetahuan yang dapat kita teladani dalam kehidupan sehari-hari.

Karya-karya ini juga lah yang membawa ajaran Islam bertahan hingga masa sekarang ini, dan tentu diharapkan masih akan tetap bertahan hingga masa yang akan datang.

Nah, gaes …..

Oleh karena itu, mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam merupakan hal yang sangat penting khususnya bagi Pelajar, Mahasiswa dan Umat Islam pada umumnya.

Karena dengan mempelajari sejarah, ada banyak hikmah dan manfaat yang dapat kita ambil, seperti yang telah diuraikan diatas. Intinya, dengan mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam kita dapat mengambil ibrah atau pelajaran dari masa lalu untuk menghadapi kehidupan di masa sekarang dan di masa yang akan datang. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here